Resep Sambal Ikan Asin Dan Terong

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ikan Asin Dan Terong salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ikan Asin Dan Terong

Koki profesional pasti tahu bahwa sambal ikan asin dan terong adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini memiliki rasa pedas yang khas dan cocok disantap bersama nasi putih hangat. Yuk, simak resep sambal ikan asin dan terong berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat sambal ikan asin dan terong, kamu perlu menyiapkan:

  • 2 buah terong, iris tipis-tipis
  • 100 gram ikan asin, goreng hingga kering lalu haluskan
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat, potong kecil-kecil
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat sambal ikan asin dan terong

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai memasak. Berikut adalah tahapan dalam membuat sambal ikan asin dan terong:

1. Tumis bawang putih dan cabai

Pertama, tumis bawang putih dan cabai merah keriting yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum. Gunakan api kecil agar tidak terlalu cepat gosong.

2. Tambahkan ikan asin

Selanjutnya, tambahkan ikan asin yang sudah dihaluskan ke dalam tumisan bawang putih dan cabai. Aduk rata dan masak hingga ikan asin matang.

3. Masukkan terong dan tomat

Selanjutnya, masukkan irisan terong dan potongan tomat ke dalam tumisan. Aduk rata dan masak hingga terong dan tomat empuk.

4. Tambahkan daun jeruk, gula merah dan garam

Terakhir, tambahkan daun jeruk yang sudah diiris halus, gula merah dan garam. Aduk rata dan masak hingga semua bahan tercampur sempurna.

5. Sajikan

Sambal ikan asin dan terong siap disajikan sebagai pelengkap nasi putih hangat. Hidangan ini cocok disantap bersama lauk pauk kesukaanmu.

Tips memasak sambal ikan asin dan terong yang enak

Agar sambal ikan asin dan terong yang kamu buat enak dan lezat, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Gunakan ikan asin yang berkualitas
  • Pilih terong yang belum terlalu matang agar tidak terlalu lembek saat dimasak
  • Selalu gunakan api kecil agar bahan-bahan tidak cepat gosong
  • Tambahkan gula merah sedikit demi sedikit agar rasa manisnya tidak terlalu kuat
  • Tambahkan air sedikit jika sambal terlalu kering

People also ask

1. Apa itu sambal ikan asin dan terong?

Sambal ikan asin dan terong adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari ikan asin yang dihaluskan dan dicampur dengan terong dan bumbu-bumbu lainnya.

2. Bagaimana cara membuat sambal ikan asin dan terong yang enak?

Untuk membuat sambal ikan asin dan terong yang enak, kamu perlu memilih bahan-bahan yang berkualitas, menggunakan api kecil saat memasak, dan menambahkan gula merah sedikit demi sedikit agar rasa manisnya tidak terlalu kuat.

3. Apa yang bisa dipadukan dengan sambal ikan asin dan terong?

Sambal ikan asin dan terong cocok disantap bersama nasi putih hangat dan lauk pauk kesukaanmu, seperti ayam goreng, telur dadar, atau dendeng sapi.

4. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ikan asin dan terong?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ikan asin dan terong antara lain ikan asin, terong, cabai merah keriting, bawang putih, tomat, daun jeruk, gula merah, garam, dan minyak goreng.

5. Apakah sambal ikan asin dan terong pedas?

Ya, sambal ikan asin dan terong memiliki rasa pedas yang khas. Namun, kamu bisa mengatur tingkat kepedasannya sesuai dengan selera.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ikan Asin Dan Terong ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :