Resep Sambal Jahe Ayam Bakar

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Jahe Ayam Bakar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Jahe Ayam Bakar

Kamu mungkin pernah mencoba ayam bakar dengan sambal jahe yang nikmat di restoran atau warung makan. Ternyata, membuat resep sambal jahe ayam bakar yang lezat dan mudah tidaklah sulit. Berikut adalah resep sambal jahe ayam bakar yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum kita mulai, pastikan kamu memiliki bahan-bahan berikut:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
  • 3 cm jahe, parut
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 3 buah cabai merah, iris tipis
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah membuat sambal jahe ayam bakar:

1. Siapkan Ayam

Bersihkan ayam dan potong menjadi 8 bagian. Letakkan ayam di dalam wadah dan tambahkan jahe parut, bawang putih halus, cabai merah iris, kecap manis, garam, gula pasir, dan minyak goreng. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit.

2. Bakar Ayam

Panaskan grill atau panggangan. Siapkan daun pisang dan letakkan di atas panggangan. Ambil satu potong ayam dan letakkan di atas daun pisang. Panggang ayam selama 10-15 menit dengan api sedang atau sampai ayam matang dan kecoklatan.

3. Sajikan

Tata ayam bakar di atas piring saji dan beri sambal jahe di atasnya. Sajikan selagi masih hangat.

Tips

Untuk hasil yang lebih lezat, kamu bisa menambahkan air jeruk nipis saat merendam ayam. Selain itu, untuk mempercepat proses memasak, kamu bisa memotong ayam menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Sambal jahe ayam bakar ini cocok disajikan sebagai hidangan utama di acara keluarga atau teman-teman. Selain itu, sambal jahe ayam bakar juga enak dijadikan sebagai lauk untuk makan siang atau makan malam.

People also ask: Apakah sambal jahe ayam bakar bisa disimpan di kulkas?

Jawaban: Ya, sambal jahe ayam bakar bisa disimpan di kulkas selama 1-2 hari. Sebaiknya simpan sambal dan ayam secara terpisah untuk menjaga kesegaran dan kelezatan masing-masing.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Jahe Ayam Bakar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :