Resep Sambal Lamongan Pakai Kacang Tanah

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Lamongan Pakai Kacang Tanah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Lamongan Pakai Kacang Tanah

Kamu sedang mencari resep sambal yang enak dan mudah dibuat? Yuk, coba resep sambal lamongan pakai kacang tanah ini! Kombinasi antara pedas dan gurih dari sambal ini akan membuat lidahmu bergoyang. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini mudah didapatkan. Berikut adalah langkah-langkah membuat sambal lamongan pakai kacang tanah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 100 gram kacang tanah goreng
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah Pertama: Haluskan Kacang Tanah

Langkah pertama dalam membuat sambal lamongan pakai kacang tanah adalah menghaluskan kacang tanah goreng. Kamu bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau food processor. Pastikan kacang tanah yang dihaluskan tidak terlalu halus, masih ada sedikit butirannya.

Langkah Kedua: Haluskan Cabai dan Bawang Putih

Setelah kacang tanah dihaluskan, langkah selanjutnya adalah menghaluskan cabai merah keriting, cabai rawit, dan bawang putih. Kamu bisa menggunakan blender atau ulekan untuk menghaluskan bahan-bahan ini. Haluskan cabai dan bawang putih hingga benar-benar lembut.

Langkah Ketiga: Tumis Bahan Halus

Setelah semua bahan dihaluskan, panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan. Tumis bahan yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir ke dalam tumisan ini.

Setelah tumisan sudah matang, angkat dari wajan dan biarkan dingin. Setelah dingin, tambahkan air jeruk nipis ke dalam tumisan. Aduk rata.

Voila! Sambal lamongan pakai kacang tanah siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk digunakan nanti.

Jika kamu suka dengan sambal yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai dengan selera. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit air jika sambal terlalu kering atau kental.

People Also Ask: Apakah sambal lamongan pakai kacang tanah bisa bertahan berapa lama di dalam kulkas?

Jawaban: Sambal lamongan pakai kacang tanah bisa bertahan di dalam kulkas selama 1-2 minggu jika disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sendok bersih saat mengambil sambal dari wadah untuk menjaga kebersihan sambal.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Lamongan Pakai Kacang Tanah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :