Resep Sambal Lamongan Pecel Lele

Posted on

Resep Sambal Lamongan Pecel Lele salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Lamongan Pecel Lele

Kamu yang sedang mencari resep sambal lamongan pecel lele? Jangan khawatir, karena kamu sudah berada di tempat yang tepat. Sambal lamongan pecel lele merupakan salah satu sambal khas Jawa Timur yang terkenal dengan rasanya yang pedas dan nikmat. Simak resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal lamongan pecel lele, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang harus kamu persiapkan:

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan terasi
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 100 ml air matang

Cara membuat sambal

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat sambal lamongan pecel lele. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Siapkan bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti cabe rawit merah, cabe merah keriting, bawang putih, terasi, garam, gula pasir, air jeruk nipis, dan air matang.

2. Haluskan cabe, bawang putih, dan terasi

Haluskan cabe rawit merah, cabe merah keriting, bawang putih, dan terasi menggunakan blender atau ulekan hingga halus.

3. Tambahkan garam dan gula pasir

Setelah cabe dan bawang putih halus, tambahkan garam dan gula pasir ke dalam adonan sambal. Aduk rata.

4. Tambahkan air jeruk nipis dan air matang

Tambahkan air jeruk nipis dan air matang ke dalam adonan sambal. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

5. Sajikan

Sambal lamongan pecel lele siap disajikan. Kamu bisa menikmati sambal ini bersama dengan pecel lele atau makanan lainnya.

Cara penyajian sambal lamongan pecel lele

Untuk menyajikan sambal lamongan pecel lele, kamu bisa menyiapkan beberapa potong pecel lele yang sudah digoreng. Letakkan pecel lele di atas piring saji, lalu tuangkan sambal di atasnya.

Sajikan sambal ini bersama dengan nasi putih atau lontong. Kamu juga bisa menambahkan sayuran segar seperti kubis, mentimun, atau tauge sebagai pelengkap.

People also ask:

Q: Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal lamongan pecel lele?
A: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain cabe rawit merah, cabe merah keriting, bawang putih, terasi, garam, gula pasir, air jeruk nipis, dan air matang.

Q: Bagaimana cara membuat sambal lamongan pecel lele?
A: Pertama-tama, cabe dan bawang putih dihaluskan menggunakan blender atau ulekan. Kemudian, tambahkan garam, gula pasir, air jeruk nipis, dan air matang. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Sambal lamongan pecel lele siap disajikan.

Q: Bagaimana cara menyajikan sambal lamongan pecel lele?
A: Untuk menyajikan sambal lamongan pecel lele, kamu bisa menyiapkan beberapa potong pecel lele yang sudah digoreng. Letakkan pecel lele di atas piring saji, lalu tuangkan sambal di atasnya. Sajikan sambal ini bersama dengan nasi putih atau lontong. Kamu juga bisa menambahkan sayuran segar seperti kubis, mentimun, atau tauge sebagai pelengkap.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Lamongan Pecel Lele ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :