Resep Sambal Matah Cabe Hijau

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Matah Cabe Hijau salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Matah Cabe Hijau

Kamu yang suka pedas pasti sudah tahu sambal matah. Sambal khas Bali ini terbuat dari bumbu-bumbu segar seperti bawang merah, cabe rawit, serai, dan daun jeruk. Namun, kali ini saya akan berbagi resep sambal matah cabe hijau yang tidak kalah enaknya dengan versi aslinya. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal matah cabe hijau, pastikan semua bahan sudah disiapkan. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 10 cabe hijau
  • 10 cabe rawit hijau
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 100 ml minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, berikut ini cara membuat sambal matah cabe hijau:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, iris halus semua bahan seperti cabe hijau, cabe rawit hijau, bawang putih, bawang merah, serai, dan daun jeruk. Jangan lupa untuk memisahkan bagian putih dan hijau dari serai.

2. Tumis bumbu

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah diiris halus hingga harum dan matang. Pastikan bumbu tidak terlalu lama dipanaskan agar tidak gosong.

3. Tambahkan garam dan gula

Setelah bumbu matang, tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata hingga gula larut.

4. Tambahkan air jeruk nipis

Setelah gula larut, tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata dan matikan kompor.

5. Sajikan

Sambal matah cabe hijau siap disajikan sebagai pelengkap makanan favoritmu. Kamu bisa menyajikannya bersama nasi putih, ayam goreng, atau ikan bakar.

Variasi Resep

Jika kamu ingin mencoba variasi resep sambal matah cabe hijau, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti tomat, kecap manis, atau kemiri. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan seperti udang atau ikan teri untuk membuat sambal matah cabe hijau yang lebih lezat.

People also ask:

1. Apa itu sambal matah?

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari bumbu-bumbu segar seperti bawang merah, cabe rawit, serai, dan daun jeruk. Sambal ini memiliki rasa segar dan pedas yang pas.

2. Apa bedanya sambal matah cabe hijau dan sambal matah biasa?

Sambal matah cabe hijau menggunakan cabe hijau dan cabe rawit hijau sebagai bahan utamanya, sementara sambal matah biasa menggunakan cabe merah dan cabe rawit merah. Kedua sambal ini memiliki rasa yang cukup berbeda meskipun bumbu-bumbunya hampir sama.

3. Bagaimana cara menyimpan sambal matah cabe hijau?

Kamu bisa menyimpan sambal matah cabe hijau di dalam kulkas selama beberapa hari. Pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak cepat basi atau terkontaminasi dengan bau-bauan lainnya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Matah Cabe Hijau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :