Resep Sambal Rujak Cireng Nasi

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Rujak Cireng Nasi salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Rujak Cireng Nasi

Ketika berbicara tentang kuliner Indonesia, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang sambal rujak cireng nasi. Sambal rujak cireng nasi adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Hidangan ini terdiri dari sambal rujak yang pedas, cireng yang garing, dan nasi yang lembut. Sambal rujak cireng nasi sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan utama pada saat makan siang atau makan malam. Jika Anda ingin mencoba membuat sambal rujak cireng nasi di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat sambal rujak cireng nasi, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 5 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 buah belimbing wuluh
  • 2 sendok makan gula merah
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok makan garam
  • 100 gram kacang tanah goreng
  • 500 gram cireng
  • 500 gram nasi

Cara membuat sambal rujak

Langkah pertama dalam membuat sambal rujak adalah memotong cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan tomat menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian, haluskan semua bahan tersebut dengan menggunakan blender atau cobek. Setelah itu, tambahkan gula merah, air asam jawa, dan garam ke dalam adonan sambal rujak yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Setelah itu, tambahkan belimbing wuluh dan kacang tanah goreng ke dalam adonan sambal rujak dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Cara membuat cireng

Untuk membuat cireng, pertama-tama campurkan terigu, tepung tapioka, bawang putih, garam, dan merica ke dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Setelah itu, tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam adonan tersebut sambil terus diaduk. Uleni adonan hingga adonan menjadi lembut dan tidak lengket. Setelah adonan tercampur dengan baik, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi seperti silinder. Rebus cireng yang sudah dibentuk tadi dalam air mendidih hingga matang.

Cara membuat nasi

Untuk membuat nasi, pertama-tama cuci beras yang telah Anda siapkan hingga bersih. Setelah itu, masukkan beras ke dalam rice cooker dan tambahkan air secukupnya. Nyalakan rice cooker dan tunggu hingga nasi matang.

Setelah semua bahan siap, letakkan cireng diatas nasi yang telah matang. Tuangkan sambal rujak diatas cireng dan nasi. Sajikan sambal rujak cireng nasi selagi masih hangat.

People also ask, apa saja variasi sambal rujak yang dapat dibuat?

Beberapa variasi sambal rujak yang dapat dibuat antara lain sambal rujak buah, sambal rujak petis, sambal rujak cingur, sambal rujak uleg, dan masih banyak lagi. Setiap variasi sambal rujak memiliki bahan dan cara pembuatan yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya sambal rujak memiliki rasa yang asam, manis, dan pedas.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Rujak Cireng Nasi ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :