Resep Sambal Terasi Ayam Penyet Pak Ulis

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Ayam Penyet Pak Ulis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Ayam Penyet Pak Ulis

Kamu sedang mencari resep sambal terasi ayam penyet yang enak dan lezat? Kamu datang ke tempat yang tepat! Kali ini, aku akan membagikan resep sambal terasi ayam penyet yang dijamin bikin lidahmu bergoyang. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses memasak, kamu harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 buah jeruk nipis
  • 500 ml air untuk merebus ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 3 buah tomat
  • 2 sdt terasi
  • 1 sdt gula merah
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, kamu bisa memulai proses memasak. Berikut ini adalah cara membuat sambal terasi ayam penyet:

Langkah 1: Merebus Ayam

Cuci bersih ayam, lalu potong menjadi beberapa bagian. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci kembali dengan air bersih. Rebus ayam dalam air hingga matang, angkat dan tiriskan.

Langkah 2: Membuat Sambal

Iris tipis bawang putih, cabai rawit, cabai merah keriting, dan tomat. Tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan cabai rawit dan cabai merah keriting. Masak hingga cabai layu.

Langkah 3: Menambahkan Terasi dan Gula Merah

Tambahkan terasi dan gula merah ke dalam tumisan cabai. Aduk rata dan masak hingga terasi matang.

Langkah 4: Menghaluskan Sambal

Angkat tumisan cabai dan terasi, lalu haluskan menggunakan blender atau ulekan hingga halus.

Langkah 5: Menggoreng Ayam

Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah 6: Menyet Ayam

Letakkan ayam di atas cobek atau piring datar, lalu tekan-tekan dengan ulekan hingga ayam pipih. Siram ayam dengan sambal terasi yang telah dihaluskan.

Tips Memasak

Untuk mendapatkan rasa sambal yang lebih enak, kamu bisa menambahkan sedikit garam dan gula pada saat memasak. Selain itu, jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit dan cabai merah keriting.

People Also Ask

1. Apa itu sambal terasi?

Sambal terasi adalah sambal yang terbuat dari terasi atau belacan yang dicampur dengan cabai, bawang putih, gula, dan air jeruk nipis. Sambal ini sangat populer di Indonesia dan biasanya disajikan bersama dengan makanan seperti ayam penyet, ikan bakar, atau nasi goreng.

2. Bagaimana cara membuat ayam penyet yang enak?

Untuk membuat ayam penyet yang enak, kamu bisa mengikuti resep di atas. Pastikan ayam yang digunakan adalah ayam kampung agar lebih enak. Selain itu, jangan lupa untuk merebus ayam terlebih dahulu sebelum digoreng agar matang sempurna.

3. Bisakah sambal terasi disimpan dalam jangka waktu yang lama?

Ya, sambal terasi dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama jika disimpan dalam kulkas atau freezer. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau jamur.

4. Apa yang bisa disajikan bersama dengan sambal terasi?

Sambal terasi biasanya disajikan bersama dengan makanan seperti ayam penyet, ikan bakar, atau nasi goreng. Namun, kamu juga bisa mencoba menyajikannya bersama dengan makanan lain seperti sayur atau mie goreng.

5. Apakah sambal terasi pedas?

Ya, sambal terasi memiliki rasa yang pedas. Namun, tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Ayam Penyet Pak Ulis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :