Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh

Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh Sambal terasi belimbing wuluh adalah salah satu jenis sambal yang khas dari daerah Jawa. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan gurih, serta aroma yang harum dan sedap. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sambal terasi belimbing wuluh adalah terasi dan belimbing wuluh. Terasi sendiri merupakan bahan yang terbuat dari ikan atau udang yang telah diolah dan dihaluskan, sedangkan belimbing wuluh merupakan jenis buah yang bentuknya menyerupai bintang dan memiliki rasa yang asam. Berikut adalah resep sambal terasi belimbing wuluh yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

– 10 buah belimbing wuluh, iris tipis – 5 buah cabai merah, iris tipis – 3 siung bawang putih, iris tipis – 2 sdm terasi udang – 1 sdt garam – 1 sdt gula pasir – 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat

1. Pertama-tama, tumis terasi udang bersama dengan bawang putih hingga harum dan matang. 2. Masukkan cabai merah dan iris belimbing wuluh ke dalam tumisan terasi udang dan bawang putih, aduk rata. 3. Tambahkan garam, gula pasir, dan minyak goreng ke dalam campuran sambal, aduk rata. 4. Masak sambal terasi belimbing wuluh di atas api kecil hingga matang dan meresap.

Tips

– Untuk membuat sambal terasi belimbing wuluh yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai bubuk. – Jangan terlalu sering mengaduk sambal saat memasaknya agar tidak terlalu hancur dan bertekstur lembut. – Sambal terasi belimbing wuluh bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari agar tetap segar dan awet.

Cara Penyajian

Sambal terasi belimbing wuluh bisa disajikan sebagai pelengkap untuk berbagai jenis makanan seperti nasi goreng, sate, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menambahkan sambal ini ke dalam mie goreng atau sebagai bahan masakan lainnya yang membutuhkan rasa pedas dan gurih. People also ask: – Apa itu belimbing wuluh? Belimbing wuluh adalah jenis buah yang bentuknya menyerupai bintang dan memiliki rasa yang asam. Buah ini sering digunakan dalam masakan Indonesia sebagai bahan untuk sambal atau acar. – Apa itu terasi? Terasi adalah bahan yang terbuat dari ikan atau udang yang telah diolah dan dihaluskan. Terasi sering digunakan dalam masakan Indonesia sebagai bahan untuk sambal atau sebagai bumbu penyedap. – Bagaimana cara memilih belimbing wuluh yang baik? Pilihlah belimbing wuluh yang masih segar dan berwarna hijau cerah. Pastikan tidak ada bercak coklat atau lembek pada buah tersebut.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :