Resep Sambal Terasi Cabe Mentah Jeruk Limau

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Cabe Mentah Jeruk Limau salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Cabe Mentah Jeruk Limau

Kamu suka makanan pedas dan ingin mencoba resep baru? Yuk, coba resep sambal terasi cabe mentah jeruk limau. Sambal ini memiliki rasa yang unik karena campuran terasi, cabe mentah, dan jeruk limau. Berikut adalah resepnya yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai resep, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu persiapkan:

1. Cabe Mentah

Cabe mentah adalah bahan utama dalam resep sambal terasi cabe mentah jeruk limau. Sebaiknya kamu menggunakan cabe yang segar dan memiliki tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera. Jika kamu tidak suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabe yang digunakan.

2. Terasi

Terasi adalah bahan pengganti garam dalam resep sambal terasi cabe mentah jeruk limau. Kamu bisa menggunakan terasi yang sudah matang atau mentah sesuai selera. Jangan lupa untuk menumis terasi terlebih dahulu agar bau amisnya hilang.

3. Jeruk Limau

Jeruk limau akan memberikan rasa segar pada sambal terasi cabe mentah. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis atau jeruk purut sesuai selera.

4. Bawang Putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai penyedap rasa pada sambal terasi cabe mentah. Sebaiknya kamu menggunakan bawang putih yang sudah dihaluskan agar lebih mudah dalam pengolahan.

5. Gula

Gula akan memberikan rasa manis pada sambal terasi cabe mentah. Kamu bisa menggunakan gula pasir atau gula merah sesuai selera.

6. Air Jeruk Limau

Untuk membuat sambal terasi cabe mentah jeruk limau yang enak, kamu juga memerlukan air jeruk limau. Kamu bisa menggunakan air jeruk nipis atau jeruk purut sesuai selera.

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mulai membuat sambal terasi cabe mentah jeruk limau dengan langkah-langkah berikut:

1. Cuci bersih cabe mentah

Pertama-tama, cuci bersih cabe mentah dengan air mengalir. Setelah itu, potong-potong cabe mentah sesuai selera.

2. Tumis terasi dan bawang putih

Panaskan sedikit minyak goreng pada wajan dan tumis terasi dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tumis hingga bau amis dari terasi hilang.

3. Campurkan semua bahan

Campurkan cabe mentah yang sudah dipotong-potong dengan tumisan terasi dan bawang putih. Tambahkan gula secukupnya dan peras jeruk limau ke dalam campuran tersebut.

4. Ulek atau blender

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, kamu bisa mengulek atau menggunakan blender untuk membuat sambal terasi cabe mentah jeruk limau yang halus.

5. Cicipi dan simpan di wadah tertutup

Cicipi sambal terasi cabe mentah jeruk limau yang sudah dibuat dan tambahkan gula atau garam jika dibutuhkan. Setelah itu, simpan sambal dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas agar lebih awet.

Nah, itu dia resep sambal terasi cabe mentah jeruk limau yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang sambal terasi cabe mentah jeruk limau, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Apa saja manfaat dari sambal terasi cabe mentah jeruk limau?

Jawaban: Sambal terasi cabe mentah jeruk limau memiliki manfaat sebagai sumber vitamin C, membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dan juga membantu melancarkan pencernaan.

2. Bisa digunakan sebagai bahan masakan apa saja?

Jawaban: Sambal terasi cabe mentah jeruk limau bisa digunakan sebagai bahan masakan untuk nasi goreng, mie goreng, atau bahkan sebagai bahan pelengkap untuk ikan bakar atau ayam goreng.

3. Apakah sambal terasi cabe mentah jeruk limau bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Jawaban: Sambal terasi cabe mentah jeruk limau bisa disimpan dalam kulkas selama tiga hingga empat hari. Namun, pastikan sambal disimpan dalam wadah tertutup dan jangan lupa untuk mencicipi kembali sebelum digunakan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Cabe Mentah Jeruk Limau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :