Resep Sambal Terasi Enak Merah

Posted on

Resep Sambal Terasi Enak Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terasi Enak Merah

Ketika kita membicarakan masakan Indonesia, sambal adalah salah satu bumbu yang tak bisa dipisahkan. Sambal terasi enak merah adalah salah satu jenis sambal yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang menggemari sambal terasi enak merah karena rasa pedas dan gurihnya yang khas. Bagi kamu yang ingin membuat sambal terasi enak merah sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

Sebelum kita masuk ke tahap pembuatan sambal terasi enak merah, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 50 gram terasi
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan terpenuhi, kamu bisa memulai proses pembuatan sambal terasi enak merah dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Bahan

Sebelum kamu memulai proses penggorengan, pastikan semua bahan sudah dipersiapkan dengan baik. Potong-potong cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat agar lebih mudah saat dihaluskan.

2. Goreng Bahan

Panaskan minyak goreng di wajan, lalu masukkan semua bahan yang telah dipotong-potong. Goreng bahan-bahan tersebut hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

3. Haluskan Bahan

Setelah bahan-bahan diatas sudah di goreng dan ditiriskan, haluskan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan blender atau cobek. Tambahkan terasi dan garam, lalu haluskan kembali hingga semuanya tercampur rata.

4. Tambahkan Gula Pasir

Setelah semua bahan diatas sudah halus, masukkan gula pasir kedalam adonan sambal terasi enak merah tersebut. Campurkan hingga gula larut dan tercampur rata dengan adonan sambal.

5. Sajikan

Setelah proses penghalusan selesai, sambal terasi enak merah siap kamu sajikan bersama dengan makanan kesukaanmu.

Tips: Jika kamu ingin sambal terasi enak merah mu lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit ke dalam adonan sambal.

Itulah resep sambal terasi enak merah yang bisa kamu coba di rumah. Semoga resep diatas bermanfaat dan berhasil kamu praktikkan di rumah.

People also ask:

1. Apa itu sambal terasi enak merah?

Sambal terasi enak merah adalah salah satu jenis sambal yang terbuat dari terasi, cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, tomat, gula pasir, dan garam.

2. Apa kegunaan terasi dalam sambal terasi enak merah?

Terasi berfungsi untuk memberikan rasa gurih pada sambal terasi enak merah.

3. Berapa lama sambal terasi enak merah bisa bertahan?

Sambal terasi enak merah bisa bertahan selama 1-2 minggu jika disimpan di dalam kulkas.

4. Bagaimana cara membuat sambal terasi enak merah yang lebih pedas?

Kamu bisa menambahkan cabai rawit ke dalam adonan sambal untuk membuat sambal terasi enak merah yang lebih pedas.

5. Apa makanan yang cocok disajikan bersama sambal terasi enak merah?

Sambal terasi enak merah cocok disajikan bersama dengan nasi, ayam goreng, ikan bakar, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Enak Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :