Resep Sambal Terasi Ibu Imas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Ibu Imas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Ibu Imas

Kamu yang suka pedas pasti tahu tentang sambal terasi, salah satu sambal khas Indonesia yang sangat terkenal. Banyak sekali variasi resep sambal terasi yang ada, salah satunya adalah resep sambal terasi ibu Imas. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak resep berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak, pastikan bahwa semua bahan-bahan sudah siap. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram cabai rawit merah
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi udang
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal terasi ibu Imas:

Langkah 1: Cuci dan Tiriskan Cabai Rawit

Cuci cabai rawit merah dengan air bersih, lalu tiriskan. Pastikan cabai tidak terlalu basah agar sambal tidak terlalu encer. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat membersihkan cabai untuk menghindari iritasi pada kulit.

Langkah 2: Goreng Bawang Merah dan Bawang Putih

Goreng bawang merah dan bawang putih dengan minyak goreng hingga warnanya kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah 3: Haluskan Cabai, Bawang Goreng, dan Terasi

Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi udang dengan menggunakan blender atau cobek. Pastikan bahan-bahan tersebut tercampur merata.

Langkah 4: Tambahkan Gula, Garam, dan Penyedap Rasa

Tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa pada adonan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.

Langkah 5: Masukkan Minyak Goreng

Panaskan minyak goreng, lalu masukkan adonan bumbu yang sudah ditambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Aduk rata dan masak hingga matang dan beraroma harum.

Sajikan Resep Sambal Terasi Ibu Imas

Setelah matang, sambal terasi ibu Imas siap disajikan. Sambal ini cocok disajikan dengan nasi putih, ayam goreng, atau ikan bakar. Jangan lupa untuk menyimpan sambal terasi dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan di lemari es agar awet.

Jadi, itulah resep sambal terasi ibu Imas yang bisa kamu coba di rumah. Selain pedas dan lezat, sambal ini juga sangat mudah dibuat. Selamat mencoba!

People also ask: Apa saja varian resep sambal terasi yang bisa dicoba?

Jawaban: Selain resep sambal terasi ibu Imas, ada banyak varian resep sambal terasi yang bisa dicoba, seperti sambal terasi pedas, sambal terasi matang, sambal terasi mentah, dan masih banyak lagi. Semua tergantung selera dan keinginanmu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Ibu Imas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :