Resep Sambal Terasi Mentah Pecel Lele

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Mentah Pecel Lele salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Mentah Pecel Lele

Kamu pasti sudah tidak asing dengan makanan pecel lele yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang satu ini memang sangat digemari oleh banyak orang, terutama pecinta ikan lele. Namun, pecel lele tidak lengkap tanpa sambal terasi yang segar dan pedas. Nah, kali ini saya akan membagikan resep sambal terasi mentah pecel lele yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal terasi mentah pecel lele, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdm terasi udang
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan tersedia, kamu bisa memulai membuat sambal terasi mentah pecel lele dengan langkah-langkah berikut:

1. Bersihkan dan Potong Bahan

Pertama-tama, bersihkan semua bahan seperti cabai, tomat, dan bawang putih. Kemudian, potong kecil-kecil agar lebih mudah dihaluskan nanti.

2. Haluskan Bahan

Selanjutnya, haluskan semua bahan menggunakan blender atau cobek. Jangan lupa untuk menambahkan terasi, garam, gula, dan air jeruk nipis saat dihaluskan.

3. Aduk Rata

Setelah semua bahan dihaluskan, aduk rata hingga sambal terasi mentah pecel lele tercampur dengan merata.

Catatan:

Kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai rawit dan cabai merah keriting sesuai dengan selera kamu. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabai rawit. Jika ingin lebih manis, tambahkan gula pasir.

Nah, itulah resep sambal terasi mentah pecel lele yang bisa kamu coba di rumah. Selain untuk pecel lele, sambal ini juga cocok untuk dijadikan teman makan nasi atau lauk-pauk lainnya.

People also ask:

1. Apa kegunaan terasi dalam sambal pecel lele?

Jawab: Terasi berfungsi sebagai bumbu penyedap yang memberikan rasa gurih pada sambal pecel lele.

2. Apakah sambal terasi mentah pecel lele bisa disimpan dalam waktu lama?

Jawab: Bisa, sambal terasi mentah pecel lele bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

3. Apakah bisa menggunakan cabai lain selain cabai rawit dan cabai merah keriting?

Jawab: Bisa, kamu bisa menggunakan cabai lain sesuai dengan selera kamu. Namun, cabai rawit dan cabai merah keriting memiliki rasa pedas dan manis yang pas untuk sambal terasi pecel lele.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Mentah Pecel Lele ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :