Resep Sambal Terasi Mentah Tanpa Tomat

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Mentah Tanpa Tomat salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Mentah Tanpa Tomat

Koki profesional harus memiliki keahlian dalam membuat berbagai macam masakan, termasuk sambal. Sambal adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia. Ada banyak jenis sambal yang berbeda, namun salah satu yang paling populer adalah sambal terasi. Namun, sambal terasi biasanya dibuat dengan tomat sebagai bahan utamanya. Jika kamu mencari alternatif yang lebih sehat atau sedang tidak memiliki tomat di dapur, kamu bisa mencoba resep sambal terasi mentah tanpa tomat berikut ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal terasi mentah tanpa tomat, pastikan kamu memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 2 sendok makan terasi
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah besar
  • 5 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Air secukupnya

Cara Membuat Sambal Terasi Mentah Tanpa Tomat

Setelah kamu menyiapkan semua bahan yang diperlukan, kamu bisa mulai membuat sambal terasi mentah tanpa tomat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan seperti yang telah dijelaskan di atas. Pastikan kamu mencuci semua bahan dengan bersih sebelum menggunakannya.

Langkah 2: Haluskan Cabai dan Bawang

Selanjutnya, haluskan cabai rawit merah, cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan. Jangan terlalu halus, cukup sampai bahan-bahan tercampur rata.

Langkah 3: Tambahkan Terasi

Setelah cabai dan bawang halus, tambahkan terasi ke dalam campuran tersebut. Aduk sampai terasi tercampur rata dengan cabai dan bawang.

Langkah 4: Tambahkan Gula dan Garam

Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam campuran cabai, bawang, dan terasi. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.

Langkah 5: Tambahkan Minyak Goreng dan Air

Terakhir, tambahkan minyak goreng dan air secukupnya ke dalam campuran sambal terasi mentah tanpa tomat. Aduk sampai semuanya tercampur rata dan sambal terasi siap disajikan.

Tips Membuat Sambal Terasi Mentah Tanpa Tomat

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat sambal terasi mentah tanpa tomat yang enak dan lezat:

  • Pilih cabai yang masih segar dan berwarna merah cerah untuk hasil terbaik.
  • Gunakan terasi yang berkualitas untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.
  • Jika kamu tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai rawit merah yang digunakan.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan air agar sambal terasi tidak terlalu encer.
  • Simpan sambal terasi mentah tanpa tomat di dalam wadah tertutup di lemari es agar tahan lebih lama.

People also ask tentang sambal terasi mentah tanpa tomat:

1. Apa itu sambal terasi mentah tanpa tomat?

2. Bagaimana cara membuat sambal terasi mentah tanpa tomat yang enak?

3. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal terasi mentah tanpa tomat?

4. Apakah sambal terasi mentah tanpa tomat lebih sehat dari sambal terasi dengan tomat?

Untuk pertanyaan nomor 1, sambal terasi mentah tanpa tomat adalah sambal terasi yang dibuat tanpa menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Untuk pertanyaan nomor 2, kamu bisa mengikuti resep yang telah dijelaskan di atas. Untuk pertanyaan nomor 3, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain terasi, cabai, bawang merah, bawang putih, gula, garam, minyak goreng, dan air. Untuk pertanyaan nomor 4, sambal terasi mentah tanpa tomat lebih sehat karena tidak mengandung asam dari tomat yang dapat memicu asam lambung.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Mentah Tanpa Tomat ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :