Resep Sambal Terasi Sayur Asem

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Sayur Asem salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Sayur Asem

Kamu yang suka makan makanan pedas pasti tak asing dengan sambal terasi sayur asem. Sambal ini merupakan sambal khas Indonesia yang memiliki rasa pedas dan sedikit asam. Sambal terasi sayur asem biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi, sayur atau daging. Berikut ini adalah resep sambal terasi sayur asem yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak sambal terasi sayur asem, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 150 gram terasi
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat
  • 1 buah labu siam
  • 1 buah belimbing wuluh
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi udang
  • 100 ml air matang

Cara membuat sambal terasi sayur asem

Setelah semua bahan-bahan siap, kamu bisa memulai membuat sambal terasi sayur asem. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Cuci bersih semua bahan seperti cabai, bawang putih, bawang merah, dan tomat.

2. Membuat bahan sayur asem

Siapkan panci dan masukkan air matang ke dalamnya. Kemudian masukkan labu siam yang telah dipotong-potong dan belimbing wuluh yang telah diiris. Tambahkan sedikit garam dan tunggu hingga sayuran matang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

3. Membuat bumbu sambal

Haluskan terasi, bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Tambahkan gula pasir, terasi udang, dan sedikit garam. Aduk rata.

4. Menumis bumbu sambal

Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan. Masukkan bumbu sambal dan tumis hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan tomat yang telah dipotong-potong. Aduk rata dan tunggu hingga tomat layu.

5. Menambahkan bahan sayur asem

Setelah bumbu sambal matang, masukkan bahan sayur asem yang telah dimasak sebelumnya. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga semua bahan tercampur sempurna.

6. Sajikan sambal terasi sayur asem

Setelah sambal terasi sayur asem matang, angkat dari wajan dan sajikan di atas piring atau mangkuk. Sambal terasi sayur asem siap disajikan sebagai pelengkap makanan.

People also ask tentang resep sambal terasi sayur asem

Apa yang dimaksud dengan sambal terasi sayur asem?

Sambal terasi sayur asem merupakan sambal khas Indonesia yang terbuat dari terasi, cabai, dan bahan sayur asem seperti labu siam dan belimbing wuluh. Sambal ini memiliki rasa pedas dan sedikit asam.

Bagaimana cara membuat sambal terasi sayur asem yang enak?

Untuk membuat sambal terasi sayur asem yang enak, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan dengan benar dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan teliti. Pilihlah terasi yang berkualitas dan tambahkan gula pasir agar sambal terasi sayur asem menjadi lebih enak.

Apa saja makanan yang cocok dengan sambal terasi sayur asem?

Sambal terasi sayur asem cocok disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi, sayur, atau daging. Sambal ini juga enak disajikan dengan ikan atau ayam goreng.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Sayur Asem ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :