Resep Sambal Terong Bakar Ulek

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terong Bakar Ulek salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terong Bakar Ulek

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin berbagi resep sambal terong bakar ulek yang lezat dan mudah dibuat. Sambal terong bakar ulek merupakan hidangan khas Indonesia yang terbuat dari terong yang diolah dengan cara dibakar lalu diulek dengan bumbu-bumbu yang khas. Resep ini sangat cocok untuk kamu yang suka makan pedas dan ingin mencoba rasa baru dari sambal terong bakar. Berikut ini adalah resep sambal terong bakar ulek yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal terong bakar ulek, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 6 buah terong ungu
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah tomat
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, berikut ini adalah cara membuat sambal terong bakar ulek:

1. Membakar Terong dan Cabai

Pertama-tama, bakar terong dan cabai di atas api kompor atau teflon sampai kulitnya hitam dan terlihat layu. Setelah itu, angkat dan dinginkan terong dan cabai.

2. Ulek Bawang Putih

Kupas bawang putih dan ulek sampai halus. Setelah itu, sisihkan bawang putih yang telah diulek.

3. Ulek Terong dan Cabai

Setelah terong dan cabai sudah dingin, kupas kulit terong dan cabai. Ulek terong dan cabai dengan bawang putih yang telah diulek sampai halus.

4. Tambahkan Tomat, Garam, dan Gula Pasir

Cuci bersih tomat dan potong kecil-kecil. Tambahkan tomat yang telah dipotong ke dalam campuran terong dan cabai yang telah diulek. Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam campuran tersebut dan aduk rata.

5. Tambahkan Minyak Goreng

Tuangkan minyak goreng ke dalam campuran sambal terong bakar ulek dan aduk rata sampai minyak tercampur sempurna.

6. Sajikan

Sambal terong bakar ulek siap disajikan di atas piring dan bisa langsung dinikmati dengan makanan kesukaan kamu.

Nah, itulah resep sambal terong bakar ulek yang bisa kamu coba di rumah. Sambal ini sangat cocok untuk kamu yang suka pedas dan ingin mencoba rasa baru dari sambal terong bakar. Selain itu, sambal terong bakar ulek juga bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari dan tetap enak untuk dimakan bersama makanan kesukaan kamu.

People also ask, apa itu sambal terong bakar ulek? Sambal terong bakar ulek adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari terong yang diolah dengan cara dibakar lalu diulek dengan bumbu-bumbu yang khas. Bagaimana cara membuat sambal terong bakar ulek yang enak? Untuk membuat sambal terong bakar ulek yang enak, kamu perlu memilih terong yang segar dan cabai yang pedas. Selain itu, tambahkan garam dan gula pasir yang secukupnya agar sambal terong bakar ulek tidak terlalu pedas dan asin. Bagaimana cara menyajikan sambal terong bakar ulek? Sambal terong bakar ulek bisa disajikan di atas piring dan bisa langsung dinikmati dengan makanan kesukaan kamu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Bakar Ulek ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :