Resep Sambal Terong Enak Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terong Enak Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terong Enak Pedas

Kalian pencinta kuliner Indonesia pasti pernah mendengar atau mencoba sambal terong yang pedas dan nikmat. Sambal terong adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terbuat dari terong yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya. Sambal terong biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi, mi, atau lauk pauk lainnya. Bagi yang suka pedas, sambal terong adalah pilihan yang tepat. Nah, kali ini saya akan berbagi resep sambal terong enak pedas yang bisa kalian coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum masuk ke proses pembuatan, pastikan kalian menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 5 buah terong ungu
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt terasi
  • Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat sambal terong enak pedas:

1. Persiapan

Cuci bersih terong ungu, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Potong-potong terong dan tomat menjadi kecil-kecil agar mudah dihaluskan.

2. Tumis Bumbu

Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan terasi dan tumis hingga matang.

3. Haluskan Bahan

Haluskan terong, cabai merah keriting, cabai rawit, dan tomat menggunakan blender atau cobek. Tambahkan sedikit air jika perlu. Setelah halus, campurkan dengan bumbu yang sudah ditumis dan aduk rata.

4. Masak Sambal Terong

Panaskan minyak goreng di wajan. Tambahkan sambal terong yang sudah dihaluskan dan aduk rata. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Masak sambal terong hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sedap.

5. Sajikan

Sambal terong enak pedas siap disajikan sebagai pelengkap makanan favorit kalian.

Tips

Untuk mendapatkan sambal terong yang enak pedas, gunakan terong ungu yang sudah matang dan cabai merah keriting yang cukup banyak. Jika tidak suka terlalu pedas, bisa kurangi jumlah cabai rawit atau cabai merah keriting.

Jangan lupa untuk mencoba resep sambal terong enak pedas yang sudah saya bagikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Banyak orang yang sering bertanya-tanya tentang cara membuat sambal terong yang enak dan pedas. Beberapa pertanyaan yang sering muncul antara lain, “Bagaimana cara membuat sambal terong yang pedas?”, “Apa resep sambal terong yang enak?”, atau “Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sambal terong yang enak pedas?”. Jawabannya sudah saya bagikan di atas, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah dalam resep sambal terong enak pedas yang sudah saya tuliskan. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera ya!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Enak Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :