Resep Sambal Tomat Ala Lamongan

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Tomat Ala Lamongan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Tomat Ala Lamongan

Kamu sedang mencari resep sambal tomat ala Lamongan yang enak dan mudah dibuat? Berikut ini, kami akan berikan resep sambal tomat ala Lamongan yang bisa kamu coba di rumah. Sambal tomat ini memiliki rasa yang pedas dan segar karena menggunakan bahan-bahan alami yang segar dan berkualitas.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal tomat, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 500 gram tomat segar
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Tomat

Berikut adalah tahapan cara membuat sambal tomat ala Lamongan yang mudah dan praktis:

1. Potong Tomat dan Cabai Merah

Pertama-tama, potong tomat dan cabai merah menjadi ukuran kecil-kecil agar mudah dihaluskan.

2. Haluskan Cabai dan Bawang Putih

Haluskan cabai merah, cabai rawit merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

4. Masukkan Tomat

Tambahkan potongan tomat ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu yang sudah ditumis tadi. Masak hingga tomat menjadi layu dan matang.

5. Tambahkan Gula, Garam dan Air Asam Jawa

Tambahkan gula, garam, dan air asam jawa ke dalam wajan, kemudian aduk rata. Masak hingga semua bahan tercampur dan matang.

6. Angkat dan Sajikan

Sambal tomat ala Lamongan siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya di dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Cara Penyajian

Sambal tomat ala Lamongan ini cocok disajikan sebagai pelengkap hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, atau ayam goreng. Kamu juga bisa mencoba menjadikannya sebagai bahan dasar untuk membuat sambal goreng yang lebih kompleks.

People Also Ask

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait resep sambal tomat ala Lamongan:

1. Apakah saya bisa mengganti cabai merah dengan cabai hijau?

Jawabannya, tentu saja bisa. Namun, cabai merah memiliki rasa yang lebih pedas dan manis dibandingkan cabai hijau. Jadi, jika ingin mendapatkan sambal tomat yang lebih pedas dan manis, sebaiknya menggunakan cabai merah.

2. Bagaimana cara membuat sambal tomat yang lebih pedas?

Untuk membuat sambal tomat yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan beberapa cabai rawit atau cabai hutan ke dalam bumbu halus. Namun, pastikan kamu menyesuaikan jumlah cabai yang ditambahkan dengan selera pedasmu.

3. Berapa lama sambal tomat bisa disimpan?

Sambal tomat ala Lamongan bisa disimpan di dalam kulkas selama 1 minggu jika disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Jika ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa mencoba mengemasnya dengan menggunakan teknik pengalengan atau pengawetan lainnya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Tomat Ala Lamongan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :