Resep Sambal Tomat Goreng Lamongan

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Tomat Goreng Lamongan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Tomat Goreng Lamongan

Koki profesional harus selalu menguasai berbagai macam resep masakan, termasuk resep sambal tomat goreng Lamongan. Sambal tomat goreng Lamongan adalah sambal khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Sambal ini terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih yang khas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat sambal tomat goreng Lamongan, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 10 buah tomat hijau yang masih segar
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah kemiri
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Aceh atau kaldu ayam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal tomat goreng Lamongan

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat sambal tomat goreng Lamongan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuat bumbu halus

Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar bumbu lebih mudah dihaluskan. Setelah itu, sisihkan bumbu halus tersebut.

Langkah 2: Menggoreng tomat dan cabai

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan tomat dan cabai merah keriting yang sudah dipotong-potong. Goreng hingga tomat dan cabai merah keriting menjadi layu dan berubah warna. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Langkah 3: Menggoreng bumbu halus

Gunakan minyak yang sama untuk menggoreng bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan tomat dan cabai yang sudah digoreng tadi. Aduk rata.

Langkah 4: Menambahkan garam, gula, dan kaldu ayam

Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu ayam secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan sesuaikan bumbunya jika masih kurang.

Langkah 5: Menggoreng sambal tomat

Setelah bumbu meresap, angkat sambal tomat goreng Lamongan dari wajan dan siap disajikan. Jika ingin tampilan yang lebih menarik, sambal tomat goreng bisa dihias dengan irisan daun bawang atau irisan cabai rawit.

Itulah resep sambal tomat goreng Lamongan yang bisa dicoba di rumah. Sambal ini cocok disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng atau ayam goreng. Selamat mencoba!

People also ask

1. Apakah sambal tomat goreng Lamongan pedas?

Iya, sambal tomat goreng Lamongan memiliki rasa pedas yang khas. Namun, tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan.

2. Berapa lama sambal tomat goreng Lamongan bisa disimpan?

Sambal tomat goreng Lamongan bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 1-2 minggu. Namun, sebaiknya sambal segera dikonsumsi agar rasanya tetap enak.

3. Apa yang bisa dijadikan alternatif jika tomat hijau tidak tersedia?

Jika tomat hijau tidak tersedia, bisa digunakan tomat merah atau tomat kuning sebagai penggantinya. Namun, rasanya mungkin sedikit berbeda.

4. Apakah bahan-bahan sambal tomat goreng Lamongan mudah ditemukan?

Bahan-bahan sambal tomat goreng Lamongan sebenarnya mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Namun, jika sulit mencari cabai merah keriting, bisa diganti dengan cabai merah biasa atau cabai rawit.

5. Bagaimana cara membuat sambal tomat goreng Lamongan yang lebih pedas?

Jika ingin membuat sambal tomat goreng Lamongan yang lebih pedas, bisa menambahkan lebih banyak cabai merah atau cabai rawit. Namun, jangan lupa untuk mencicipi rasanya terlebih dahulu agar tidak terlalu pedas.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Tomat Goreng Lamongan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :