Resep Sambal Untuk Ayam Bakar

Posted on

Resep Sambal Untuk Ayam Bakar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Untuk Ayam Bakar

Kamu yang sedang mencari resep sambal untuk ayam bakar, kamu berada di tempat yang tepat. Sambal merupakan saus yang sangat dikenal di Indonesia. Hampir semua makanan di Indonesia pasti memiliki sambal sebagai saus pelengkapnya. Salah satu makanan yang cocok dengan sambal adalah ayam bakar. Berikut adalah resep sambal untuk ayam bakar yang dikombinasikan dengan berbagai bahan yang akan menambah cita rasa dan kelezatan ayam bakar.

Bahan-bahan

Sebelum membuat sambal untuk ayam bakar, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 15 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah besar
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt terasi
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya adalah cara membuat sambalnya. Berikut adalah tahapannya:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan semua bahan telah dicuci bersih dan dipotong-potong kecil. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan terasi dengan blender atau cobek.

2. Tumis bahan halus

Panaskan 2 sdm minyak goreng di atas wajan. Tumis bahan yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan matang. Setelah itu, tambahkan cabai rawit dan cabai merah besar yang telah dipotong kecil-kecil. Tumis kembali hingga cabai layu.

3. Tambahkan tomat

Selanjutnya, tambahkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil. Aduk rata dan masak hingga tomat layu.

4. Tambahkan garam dan gula

Tambahkan 1 sdt garam dan 1 sdt gula pasir ke dalam sambal. Aduk rata dan masak kembali hingga meresap.

5. Sambal siap disajikan

Setelah sambal matang dan meresap, angkat dari wajan dan tiriskan. Sambal siap disajikan bersama ayam bakar kesukaanmu.

Variasi Sambal

Tak hanya sambal yang dijelaskan di atas, kamu juga bisa membuat berbagai variasi sambal untuk ayam bakar. Misalnya sambal matah, sambal kecap, sambal terasi, dan masih banyak lagi. Semua variasi sambal tersebut memiliki cita rasa yang berbeda-beda sehingga kamu bisa memilih sambal yang sesuai dengan selera.

Berikut adalah beberapa People Also Ask tentang sambal untuk ayam bakar:

1. Apakah sambal untuk ayam bakar harus pedas?

Tentu saja tidak. Kamu bisa menyesuaikan kepedasan sambal sesuai dengan selera. Jika kamu tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

2. Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam sambal?

Bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam sambal antara lain kencur, serai, daun jeruk, dan masih banyak lagi. Semua bahan tersebut akan menambah aroma dan rasa yang berbeda pada sambal.

3. Bagaimana cara menyimpan sambal agar tahan lama?

Kamu bisa menyimpan sambal dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Sambal bisa bertahan selama beberapa minggu jika disimpan dengan baik.

Demikianlah resep sambal untuk ayam bakar yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Untuk Ayam Bakar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :